Saturday, 17 November 2012

Kirim Dokumen Pakai EMS

Sekarang ini saya disibukkan dengan persiapan dan pengisian aplikasi beasiswa ke luar negeri karena memang berencana ingin merasakan atmosfir belajar di sana dan tentu dapat ilmunya. (Doakan y :D). Maka akhir tahun ini, saya banyak mengirimkan aplikasi beasiswa. Negara-negara tujuannya di Eropa. Dari beberapa aplikasi yang harus dipenuhi, beberapa mensyaratkan aplikasi dikirim melalui air mail (pos), di samping sebelumnya harus aplikasi online.
Pengisian aplikasi online ini pastinya lebih mudah karena tinggal isi form, upload beberapa dokumen seperti Passport/ID, CV, ijasah, transkrip, surat rekomendasi, motivation letter, dan beberapa dokumen penunjang lainnya. Yang pasti low-cost. Nah, kalau untuk kirim via pos ini yang cukup mahal. Cari sana-sini mulai dari googling sampai survey langsung ke kantornya nanya harga dan lama pengiriman. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa Pos Indonesia. Setahu saya, Pos Indonesia menyediakan beberapa layanan baik itu kiriman paket/parcel maupun dokumen. Masuk ke websitenya Pos Indonesia coba-coba simulasi tarif ke negara tujuan ternyata murah sekali untuk hitungan pengiriman ke luar negeri. Saya bandingkan dengan salah satu jasa pengiriman swasta di daerah Tamansari ternyata untuk tujuan ke Spanyol dan Portugal mencapai 500 ribuan lebih jadinya kehitung 600.000-an kurang dikit lah dan sampai 3-4 harian. Mahal juga memang. Kalau butuh kirim cepat dan hanya 1 dokumen saja ya boleh lah pakai jasa kirimnya. Suami saya pernah pakai jasa ini (karena dikejar deadline) ke Belanda sampai 3 hari dengan biaya 400.000-an (lagi-lagi ga ingat nominal tepatnya). Tapi karena dokumen saya deadline nya masih lama jadinya saya pakai jasa Pos Indonesia saja yang murah meriah.


Hari Selasa, 6 November 2012, datanglah saya ke kantor pos yang ada di Asia-Afrika, Bandung (sebelahnya Masjid Agung). Dari daerah Sekeloa naik Damri ke arah Leuwi Panjang bayar 2rebu dan turun di perempatan jalan kedua setelah Pasar Baru. Jalan dikit sambil ditemani lukisan-lukisan yang ada di sepanjang jalan. Sampai kantor pos waktu itu jam setengah 5 sore. Langsung ke counter, tanya tarif pengiriman (make sure saja sih) dan lamanya pengiriman. Ada yang ekspress dan yang biasa. Kalau yang biasa memang lebih murah tapi sampainya 2 minggu. Saya ambil yang EMS (express) dan sampainya kurang dari 1 minggu. Kalau untuk ke Faro, Portugal, jatuhnya jadi 197.900 rupiah per dokumen (< 1 kg). Kalau ke Barcelona, Spain, 215.200 rupiah (kali ini nominal tepatnya tahu karena masih simpan itu si bon nya :p). Sepertinya tarifnya pake dollar jadi tergantung kurs dollar-rupiah. Sebelum dikirim re-chek lagi takut ada yang ketinggalan. Setelah yakin ga ada yang ketinggalan jadilah tuh dokumen-dokumen terkirim.

Hari-hari berikutnya, saya pantengin track & trace nya lewat www.posindonesia.co.id atau ems.posindonesia.co.id. Dari hasil track-track-an berhari-hari, Alhamdulillah sampai juga dokumennya.
Penelusuran dokumen ke Spanyol
Penelusuran Dokumen ke Spanyol

Dokumen ke Spanyol dari kirim hari Selasa (6 nop 2012) sampai dengan selamat hari Selasa (13 nop 2012) jadi jatuhnya 7 hari perjalanan atau bisa dihitung sampainya 5 hari kerja (sabtu-minggu tidak dihitung).



Penelusuran dokumen ke Portugal
Penelusuran Dokumen ke Portugal
Untuk dokumen ke Portugal lamanya 6 hari (4 hari kerja) sampai hari Senin (12 nop 2012). Syukur deh kalau dokumen sudah ada keterangan sampainya. Soalnya ada 1 hari saya cek track nya ternyata websitenya Pos Indonesia lagi under maintenance atau error gitu servernya. Sempet deg-degan. Dicoba lagi dicek besoknya. Yippie, ternyata sudah sampai. Tinggal nunggu pengumuman lolos (-tidaknya).. Hehehe.. Bismillah :D

15 comments:

  1. Manteb infonya. Trims

    ReplyDelete
  2. spanyol sekarang 256.000,- mba..

    ReplyDelete
  3. Nova, thanks for sharing infonya. Setiap kali saya search soal pengiriman pake EMS, yg ada paling ke Malaysia untuk kirim barang. I plan to send a document to the U.S. and your post is definitely helpful. :-)

    ReplyDelete
  4. Selamat siang.
    Saya mau kirim dokumen ke belgia.
    Tetapi karena terhambat legalisir jadi waktunya sangat mepet dengan deadline.
    Boleh tau jasa kirim apa yg bisa kirim cepat sekitar 3 hari?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Makanan siap saji OTAJI oseng tuna asap dapat dilihat secara detil dan dapat dijadikan menu tambahan keluarga sehari hari dibawah ini:
    otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji

    ReplyDelete